Thursday, February 01, 2007

Seek The Only Truth

" DA VINCI CODE " menjadi salah satu isu kontemporer yang melanda dunia entertaiment, literature and religion. Tidak sedikit, perdebatan teologis, filosofis maupun etika muncul dari pembaca dalam menikmati fenomena literature tersebut. Apakah semuanya ini real ? Novel yang dianggap spektakuler oleh para pembaca mengangkat reputasi Mr. Dan Brown, penulis dari novel tersebut dianggap sebagai novelist beken dekade ini karena penjualan novelnya yang meledak di seluruh dunia hingga 40 juta eksemplar. Dari " Record " yang begitu mengagumkan, Ron Howard dan Sony Pictures membeli " copyright "nya untuk membawa " Brown's alienation " tersebut ke dalam " movie's pixels ". Film " Da Vinci Code " akhirnya ditayangkan secara serempak di seluruh dunia pada tanggal 18 Mei 2006.

Bermula dari pembunuhan seorang ahli seni dari Museum Louvre, Jacques Sauniere oleh seorang biarawan "OPUS DEI" bernama Silas, demi mencari rahasia batu kunci dari " The Priory of Zion " yaitu letak " The Holy Grail ". Sebelum Sauniere meninggal dunia, ia memberikan tanda-tanda sandi kepada Sophie ( seorang ahli symbology Perancis dan cucu perempuan Sauniere ) dan Robert Langdon ( Professor dari Harvard University dalam bidang symbology ). Dari sini, Kisah mereka mencari jawaban mulai mendebarkan baik kejaran dari " The Priory of Zion " maupun polisi Perancis. Di tengah cerita, mereka bertemu dengan Sir Leigh Teabing ( pendoktrinasi iman Don Brown ) yang memaparkan kebidatan teologis mereka bahwa :
1. Yesus hanyalah manusia biasa ( Plot " The Temptation of Christ terulang kembali ). Teabing memberikan sejarah gereja yang " fiction " bahwa The Great Constantine adalah Kaisar yang melegalkan Konsili Nicea bahwa Yesus itu Tuhan 100 % karena demi kepentingan politik. ( mana ada sejarah demikian ? Konsili Nicea diadakan karena ada ajaran-ajaran bidat yang tidak mengakui keilahian Yesus, contoh Arius ). Mr. Brown dalam dunia " fiction " sudah melakukan penghujatan karena ia tidak memberikan statement of faith. Yesus adalah Tuhan ( Yohanes 1:1 )
2. Alkitab orang kristen khususnya Perjanjian baru dianggap " tidak sah " karena ulah Constantine ikut-ikutan dalam menyusun kitab-kitab tersebut. Disini Mr. Brown memberikan pikiran " fiction "nya bahwa Constantine memilih sendiri kitab-kitab Perjanjian Baru dan membakar kitab-kitab lainnya ( dalam hal ini ia menunjukkan pembelaannya terhadap " The Dead Seas Croll " dan " Nag Hammadi Document " - padahal " The Dead Seas Scroll " hanyalah fragmen dari jewish tradition dan " Nag Hammadi Document " ditulis oleh orang kristen yang " Gnostik " alias percaya mythology. ) Apakah itu benar ? Pdt.Dr.Ir. Bambang Wijaya memberikan informasi yang penting dalam sejarah penyusunan kitab-kitab tersebut yaitu Konsili Nicea tidak berbicara mengenai penyusunan Perjanjian Baru karena kitab-kitab tersebut telah disimpan 2 abad sebelumnya ) dan ada tulisan Ireanus yang mengatakan menyetujui 4 Injil Synoptic sebagai Firman.
3. Yesus menikah dengan Maria Magdalena. ( tidak heran, film" The Temptation of Christ " juga menyatakan konsep bidat yang sama ). dari mana pengamatan tersebut ? Don Brown mengajak pembaca dan pemirsa melihat bukti tersebut dari :
a. Lukisan Da Vinci Code ; ada gambar perempuan di sebelah Yesus yang dituding oleh Rasul Petrus. ( padahal itu bukan perempuan tetapi Yohanes yang digambarkan muda dan " lemah lembut " - bukan banci atau gay ).
b. Statement Mr. Brown bahwa orang Yahudi yang tidak menikah adalah Terkutuk ! walah, mboh maksud ! Justru Yesus tidak menikah untuk menyatakan satu pelegalan bahwa orang gak nikah itu lumrah, jika ada panggilan Tuhan untuk selibat. Memang tidak baik manusia seorang diri sehingga manusia perlu penolong dalam hidupnya. Tetapi Kristus datang bukan untuk menikahi seorang perempuan bernama Maria Magdalena tetapi akan menikahi gereja-Nya.
c. "The Gospel" of Philip yang mengatakan bahwa Yesus mencintai Maria Magdalena. Dimanakah keotentikan "The Gospel" of Philip ? none ! " The Gospel " of Philip ditemukan dalam bahasa Koptik, ditulis abad 3 dengan gaya Gnostic dalam background Syria. Disini Mr. Brown bermain dalam area imajinatif yang ngawur dari realita sebenarnya.
Menurut Teabing, Yesus ada " sex affair " dengan Maria Magdalena sehingga Maria Magdalena pergi ke Perancis untuk melahirkan karena takut ama Petrus karena Petrus tidak rela jika " kunci gereja " diberikan kepada Maria Magdalena. ( cool imagination but out of context ). Maria Magdalena bukankah mantan pelacur ? Sir Leigh Teabing mengatakan bahwa itu ulah gereja yang hendak menutupi realita bahwa Maria Magdalena itu istrinya Yesus dan anaknya adalah Sophie Neivue. Bisakah Teabing dipercaya ? jelas ia orang jahat - dalang dari pencarian batu kunci " The Priory of Zion ". tetapi siapa yang paling gak bisa dipercaya ? Don Brown. Maria Magdalena bukan istri Yesus tetapi ia adalah murid perempuan Yesus yang setia bersaksi bagi Kristus. (Matius 27, 28)


Banyak rekan mengirimkan artikel maupun website mengenai tanggapan orang kristen mengenai da vinci code. Banyak hal setiap kita dapat diberkati melaluinya ... tetapi saya hanya mempercayai satu statement bahwa da vinci code is just a fiction novel. that's all ! tiada kebenaran mutlak di area fiction karena semua orang bebas berpikir apapun di dunia fiction. Itulah " alienation " manusia berdosa. Bagaimana tanggapan orang kristen after fenomena-fenomena tersebut ?


Banyak orang kristen sendiri tidak merasa dipermainkan oleh kebidatan entertaiment, mythology, philosophy and literature. Jika bukan orang kristen, siapa lagi yang mau mengkritisinya ? para filsuf postmodern yang tidak tahu malu karena sedikit demi sedikit akan merampas kelimpahan" permata -permata " yang ada dalam Injil ? Marilah setiap kita sadar bahwa Kebenaran hanyalah di dalam Kristus - satu-satunya Tuhan 100 % dan Manusia 100 % yang adalah satu-satunya Juruselamat Dunia 100 % bagi manusia berdosa dan satu-satunya 100 % Kebenaran ( Firman menjadi daging ) melalui Alkitab ( Special Revelation ). Tetaplah berwaspada ( I Timotius 4:6 ) dan Giatlah dalam panggilan kita bersama tuk memberitakan Injil ke seluruh dunia ( I Petrus 3:15-16 ).... Tuhan memberkati kita semua !



Di dalam Kebenaran KRISTUS
Ev. Daniel Santoso
Taichung,Taiwan
Thank God for .... " MORE THAN " Spirit

No comments:

Peran Gereja dalam Dunia  Yoh 8:21-29, 30-32 Bagaimanakah seharusnya gereja berperan di dalam dunia ini? Khususnya Hamba Tuhan, jemaat, dan ...